Posisi
Home > Berita > Petugas KB lapangan makin Amazing dengan Aplikasi terbaru

Petugas KB lapangan makin Amazing dengan Aplikasi terbaru

BKKBN (Badan Kependudukan dan Keluarga Berencana Nasional) meluncurkan Aplikasi sistem pendataan keluarga terbaru yang bernama Aplikasi SIGA (Sistem Informasi Keluarga). Aplikasi ini merupakan pembaharuan dari aplikasi lama yaitu terkait pelaporan bulanan pengendalian lapangan (pencapaian program pembangunan keluarga meliputi Tribina yaitu BKB,BKL, dan BKR serta UPPKS) serta pelaporan pemakai kontrasepsi baru (PB). Yang membuat aplikasi ini lebih spesial dibandingkan Aplikasi pelaporan bulanan sebelumnya adalah karena aplikasi ini menyatu dengan aplikasi pendataan keluarga (PK) yang dimulai dari tahun 2015 dan diperbaharui setiap tahunnya.

Pembukaan kegiatan Pelarihan SIGA bagi PKB lapangan oleh Kepala Bidang Dalduk Ach Gatot S.

Harapannya penggunaan aplikasi SIGA ini, maka akan diketahui pemakai kontrasepsi baru, ulang atau lama berdasarkan nama dan tempat tinggalnya serta kontrasepsi jenis apa yang dipakai. Selain itu juga untuk mencegah kebocoran Alkon (Alat kontrasepsi) kepada yang tidak berhak menerima. Sehingga harapannya data mengenai berjalannya program Tribina yaitu Bina Keluarga Balita, Bina Keluarga Remaja, Bina Keluarga Lansia, UPPKs, Pemakai Kontrasepsi Aktif, dan Pemakai Kontrasepsi Baru dapat terlaporkan secara benar dan valid.

Pelatihan dimulai pada pukul 08.30 WIB pada tanggal 02 April 2019 ini menghadirkan Koordinator dan petugas RR seluruh 22 kecamatan di Kabupaten Blitar.

Top