Posisi
Home > Berita > Capacity Bulding DPPKBPPPA demi Kab Blitar yang Amazing

Capacity Bulding DPPKBPPPA demi Kab Blitar yang Amazing

Pada tanggal 27-28 Juni 2019, Dinas PPKBPPPA menggelar workshop bertajuk “Peningkatan Kapasitas Sumber Daya Aparatur Program KKBPK dan Program PUG-PUHA  bagi karyawan”. Acara ini bertujuan selain untuk meningkatkan keeratan dan rasa persaudaraan antara karyawan PPKBPPPA, juga meningkatkan pemahaman serta evaluasi mengenai program KKBPK (Kependudukan, Keluarga Berencana dan Pembangunan Keluarga) dan program PUG (Pengarus Utamaan Gender) dan PUHA (Pengarus Utamaan Hak Anak).

Acara yang digelar di Ballroom Hotel Amaris Kota Solo ini dimulai pada pukul 19.00 WIB dengan sambutan awal oleh Bapak Kepala DPPKBPPPA Kabupaten Blitar Drs Wahid Rosidi, MM.

Dilanjutkan dengan penyampaian materi oleh 2 narasumber. Materi pertama disampaikan oleh Dra Suhartatik,MM tentang fungsi Keluarga dalam Pembangunan Keluarga. Ibu yang menjabat sebagai Kepala  BIdang Ketahan Keluarga ini menyampaian berbagai permasalahan terkait remaja di era digital dan menghadapi era 4.0. fungsi keluarga dalam membimbing anak agar tidak terjerumus ke dalam pergaulan yang salah, mendukung anak dimulai dari balita sampai remaja agar terencana dan tidak sampai menjalani nikah di bawah umur, terjauhkan dari seks pra nikah dan obatobatan terlarang. Solusi yang ditawarkan antara lain menguatkan peran 8 fungsi keluarga agar lebih di gaungkan kepada masyarakat luas. Kembali ke meja makan agar keluarga melakukan komunikasi yang baik untuk membicarakan permasalahan yang dihadapi anak-anak serta memberikan solusi tebaik bagi mereka.

Kepala DPPKBPPPA Kab Blitar bersama Narasumber

Materi kedua disampaikan oleh Ibu One W, SKM, MM tentang Kabupaten/Kota Layak Anak (KLA). Ibu yang menjabat sebagai Kepala Bidang PUG PUHA Dinas PPPA Provinsi Jawa Timur ini menegaskan bahwa bahwa fungsi bidang PUG-PUHA bukanlah menuntut hak perempuan terhadap laki-laki, namun lebih kepada pembagian hak yang sama rata sesuai kodratnya antara perempuan dan laki-laki. Persamaan hak dalam bidang pendidikan, kesehatan dan social serta mmenuhi amanat MDG’s yang telah digaungkan sejala lama oleh Presiden RI.

Acara yang dimoderatori oleh Mawa Daturohmah, SKM,M.PH ini berjalan sukses dan sesuai rundown acara yang telah direncanakan.

Top